Baru berusia setahun sudah tumbh buah dada

Pernah mendengar ada bayi perempuan yang belum berumur 1 tahun sudah tumbuh payudara? Kejadian nyata ini benar-benar terjadi di China. Sejak bulan Ogos lalu dikhabarkan sejumlah bayi yang ada di China mengalami perkembangan payudara. Sampai kini, semakin banyak kes serupa terlihat di sejumlah provinsi antara lain Wuhan, Guangdong, Shandong, Anhui, Jiangxi, dan Beijing.


Susu tepung diduga mengandung hormon seks dan menjadi penyebab pertumbuhan payudara pada bayi-bayi ini. Meski demikian Menteri Kesihatan China menolak sejumlah rumor itu. Namun, baru-baru ini ditemukan pada sejumlah bayi enam bulan yang mengalami pubertas dan gadis-gadis pada usia dua tahun. Diduga sejumlah hormon ini adalah gonadotropins dan testosterone.

Sejumlah ahli mengatakan, ini normal terjadi pada bayi dan keadaan ini akan kembali saat bayi berusia dua tahun. Akumulasi gejala-gejala ini antara lain memberikan efek satu di antara 5.000-10.000 bayi yang ditandai dengan tumbuhnya bulu di bawah ketiak dan bulu kemaluan serta pertumbuhan yang cepat.

Sebuah penelitian yang dikeluarkan Universiti North Carolina pada tahun 2010 mengemukakan jika gadis keturuan Kauskasia di AS mengalami pertumbuhan yang cepat di usia mereka yang belia dimulai pada usia 7 tahun hingga 10 tahun.

Comments

Popular Posts