Setiap hari, kita melihat banyak logo yang femes hingga kita tidak memikirkan
erti dan makna tersembunyi di belakang logo tersebut. Berikut 10 Logo perniagaan terkenal dunia yang memiliki makna atau erti
serta simbol tersembunyi.
1. FedEx - Tanda Panah
Dapatkah anda menemukan sesuatu yang tersembunyi di logo Ini? Mungkin
sekilas, logo ini dilihat sederhana saje kan? Tapi ternyata logo ini memiliki kesan yang lebih mendalam. Jika anda
melihat ke kata 'Ex' pada logo mereka, anda akn menyadari ada ruang kosong di
antara huruf E dan x. Ruang kosong itu menyimbolkan tanda panah ke
kanan. Erti dari tanda panah ini adalah kecepatan, dan pentingnya
perkembangan ke hadapan.
2. Baskin Robbins - 31
Pada tahun 1953, Baskin-Robbins menghasilkan sebuah inovasi dimana mereka
menawarkan aiskrim sedap dengan total 31 rasa. Angka 31 ini diletakkkan ke dalam logo
mereka, terlihat jelas di antara nama Baskin dan Robbins. ( tetapi itu zaman dahulu.)
Manakala pada tahun 2005, bersamaan dengan perayaan 60 tahun mereka, logo mereka
diubah sedikit. Walaupun angka 31 yang terlihat jelas dihilangkan, angka 31 ini
disembunyikan di huruf B dan R. Jika warna mereka bukan pink, maka orang-orang
kemungkinan besar tidak akan menyedarinya. Erti dari angka 31 ini sendiri
dimaksudkan agar setiap orang dapat merasakan rasa yang berbeza setiap hari,
dimana 1 bulan paling banyak terdiri dari 31 hari.
3. Sony Vaio - Simbol Analog dan Digital
Video Audio Intelligent Organizer atau singkatnya Vaio adalah salah sub-brand
yang digunakan oleh Sony untuk berbagai produk komputernya, dan nama logo atau
brand ini sangatlah terkenal.
Sisi kiri logo dibuat menyerupai simbol gelombang yang menggambarkan idea
teknologi analog. Sedangkan sisi kanannya terdiri dari angka "1" dan "0", dimana
berertikan 2 digit binari komputer, yaitu teknologi digital.
4. NBC - Burung Merak
Walaupun anda mungkin kurang mengenal nama NBC atau National Broadcasting
Company, karana merupakan perniagaan penyiaran jaringan television dan radio
Amerika, tapi logo mereka sangatlah menarik. Sadarkan anda dari gambar logo
mereka di atas, bahwa ada gambar burung merak di sana?
Oleh karena itulah NBC dikenal sebagai "Jaringan Merak" (Peacock Network).
Selain itu, logo mereka juga memiliki erti lain, dimana 6 bulu ekor merak ini
menunjuk ke 6 divisi NBC pada saat mereka dibuat, yakni divisi Berita, Sukan,
Entertainment, Stasiun, Jaringan dan Produksi. Kepala burung merak yang
menghadap ke kanan juga berartikan bahwa ia selalu melihat ke depan, bukan ke
belakang.
5. Toblerone - Beruang
Anda penggemar coklat? Mungkin anda pernah melihat coklat ternama dari negara Swiss
ini. Jika anda hanya melihat sekilas, makaaAnda akan melihat logo ini
menggambarkan gunung, tepatnya gunung antara perbatasan Swiss dan Italia. Tapi
sedarkah anda bahwa ada beruang di sana? Itu karena Toblerone pada awalnya
diproduksi di kota Bern, dimana beruang merupakan simbol dari kota tersebut.
Nama Toblerone sendiri berasal dari pembuatnya, "Tobler" dan kata "Torrone"
(kata italia untuk madu dan
nougat).
6. F1 - Angka 1
Pada awalnya mungkin Anda tidak menyadari apa erti dari logo ini, mungkin
hanya huruf F dan sesuatu yang cepat menyerupai angka satu. Tetapi jika anda
melihatnya lebih teliti, anda akan menyadari bahwa ada angka satu di ruang
antara F dan strip-strip merah. Strip-strip merah ini menggambarkan
kecepatan.
7.Carrefour - Huruf C
Erti dari logo Carrefour sendiri merupakan 2 panah yang satu mengarah ke kiri
dan satunya lagi mengarah ke kanan. Mengertikan kata "carrefour" dalam Perancis
yang berarti "persimpangan", sama halnya seperti banyaknya produk yang
ditawarkan oleh supermarket ternama ini kemana-pun anda berada. Warnanya
sendiri berdasarkan benderea Perancis, dimana Carrefour didirikan.
8. Amazon - Senyum dan Keragaman
Simbol atau logo Amazon (mungkin lebih dikenal dengan amazon.com) memberikan
kata amazon dengan panah di bawah huruf a sampai huruf z. Panah itu sendiri
memberikan 2 erti, yang pertama adalah amazon selalu memberikan kepuasan
ke customernya sehinga mereka tersenyum, dengan lubang di kedua huruf a sebagai
mata. Yang kedua adalah bahwa amazon memberikan keragaman produk yang tidak
terbatas dari 'a' sampai 'z'.
9. Sun Microsystem - Kata SUN
Logo yang satu ini mungkint terlihat cukup jelas. Logo ini memiliki konsep
dari sebuah ambigram, yakni sebuah bentuk design permainan huruf atau bentuk
dimana sebuah kata akan dapat dibaca dari berbagai macam sudut atau pandangan.
Logonya ini membuat kata 'SUN' dapat dibaca dari berbagai arah.
Uniknya, orang yang reka logo ini tidak mengerti sama sekali mengenai
simbologi, ia adalah seorag professor ilmu komputer di Universitas Stanford,
Vaughan Pratt, seorang "hero komputer." Ini memberikan pengaruh dan pandangan
bahwa setiap orag dapat mereka logo yang baik jika mereka memikirkannya
dengan baik.
Comments